Dirbinmas Polda Kepri Buka Diklat Gada Madya Satpam di PT. Sergap 17

oleh -991 views
Pimpinan Sergap 17 beserta staf manajemen, Dirbinmas Polda Kepri, Pemateri, dan peserta Diklat Gada Madya.

MEDIAALIF.COM, Batam – Direktur Bimbingan Masyarakat (Binmas) Polda Kepri Kombes Sigit membuka acara Pendidikan dan Latihan (Diklat) tingkat Gada Madya Satpam di PT.Sergap 17 Komplek Ruko Cikitsu, Kecamatan Batam Kota Kelurahan Belian, Selasa (28/01/2020) pagi.

Dalam acara pembukaan Diklat dihadiri oleh Pimpinan PT.Sergap 17 beserta staf manajemen, Dirbinmas Polda Kepri, dan Pemateri serta sebanyak 43 orang peserta yang mengikutinya dengan tekun dan antusias.

Kombes Sigit, saat memberi pengarahan dan bimbingan menyampaikan, untuk menunjang tugas Satpam harus dibekali ilmu yang berperan penting sesuai tanggung jawabnya, karena Satpam sebagai mitra Polri’ dalam mengamankan lingkungan kerja.

“Satpam juga harus memiliki legalitas sesuai tingkat atau jenjang pendidikan dan pelatihan seperti Diklat Gada Madya Satpam saat ini,” ujar Sigit.

Pada waktu yang sama, Manager Operasional Sergap 17 Depi Rihansyah mengatakan, PT. Sergap 17 bekerjasama dengan 70 perusahaan di Batam yaitu Mall, Industri dan perumahan, lebih mengutamakan etika, adab sopan santun, sigap mencermati kondisi informasi, serta menempuh langkah-langkah persuasif dan baik kedepannya.

Peserta Diklat dengan tekun dan antusias menerima paparan ilmu dari Pemateri.

“Diklat Gada Madya Satpam ini adalah Angkatan Pertama tahun 2020, diselenggarakan selama 6 hari, dan diikuti oleh 43 orang peserta. Pada bulan April 2020 akan datang, PT. Sergap 17 juga menyelenggarakan Diklat Gada Pratama yang terbuka untuk Umum, dan dipersilahkan untuk mendaftar,” jelas Depi.

Ia juga menambahkan, ada beberapa tingkat atau jenjang pendidikan dan pelatihan Satpam yaitu : Gada Pratama, Gada Madya, dan tingkat Gada Utama yang diselenggarakan oleh Mabes Polri di Jakarta Pusat.

Sunarto, salah satu dari peserta Diklat, saat diwawancarai media ini mengatakan, ia sangat senang dan bangga dapat mengikuti Diklat Gada Madya, sebab banyak wawasan ilmu yang dia peroleh yaitu perpaduan ilmu dasar tentang bentuk tanggung jawab di dalam tugas pengamanan, baik secara teori maupun praktek atau pelaksanaan dilapangan.

“Latihan fisik sangat penting bagi seorang Satpam untuk membentuk mentalitas yang bertanggung jawab…..

“Kalau di Gada Pratama mempelajari teori umum tentang tugas dan fungsi Satpam, kalau Gada Madya mempelajari ilmu tentang penanganan atau penangkapan secara tehnik ilmu bela diri, juga wawasan ilmu lainnya,” tuturnya. (rm)