Akhirnya 147 CPMI Berangkat ke Malaysia

oleh -43 views

LOMBOK,MEDIAALIF.COM – Kisah tragis dan memalukan, 147 CPMI yang sempat menjadi perhatian kedua Negara Malaysia dan Indonesia yang dihalangi keberangkatannya oleh Kepala BP2MI Beny Rhamdani pada 30/05/22 lalu. Akhirnya diberangkatkan pada hari Jumat (24/6/2022).

Kejadian itu sempat mencoreng wajah Indonesia di mata Pemerintah Malaysia dan Rakyat Indonesia, akibat kecemburuan seorang pejabat negara atas tindakan Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Hermono yang menghubungi langsung kepala UPT BP2MI NTB tanpa melalui Kepala BP2MI Beny Rhamdani.

Belakangan diketahui BP2MI mengadakan pertemuan dgn Kepala BP2MI untuk meminta Sime Darby melepas keberangkatan perdananya oleh Kepala BP2MI. Namun dari 147 CPMI, yang diberangkatkan berjumlah 140 orang, melalui Bandara Lombok NTB dengan maskapai Malaysia Airline.

Setibanya di Kualalumpur Malaysia, CPMI akan disambut kedatangannya oleh Duta Besar RI untuk Malaysia Hermono dan Menteri Sumber Daya Manusia serta Presiden Sime Darby.

Mereka (CPMI) membentangkan spanduk ucapan Terimakasih sepanjang 5 meter kepada Komisi IX DPR-RI, Kementerian Tenaga Kerja RI, Duta Besar RI untuk Malaysia, APJATI dan juga LP-KPK yang telah banyak membantu memperjuangkan hak-hak PMI beserta keluarganya, dan diperlakukan sebagai Warga Negara VVIP Pahlawan Devisa Negara.

Komisi Nasional Lembaga Pengawasan Kebijakan Pemerintah juga mengapresiasi semua pihak yang telah membantu, dan peduli terhadap haknya para CPMI. Semoga hal ini menjadi perhatian Presiden RI Jokowidodo untuk mengevaluasi kinerja Kepala BP2MI yang mengeluarkan kebijakan tapi melanggar UU berupa stagnasi penempatan. (red)