POROS MUDA BATAM Kembalikan Batam Pada Porosnya

oleh -145 views
Tokoh wirausaha Poros Muda Batam (kemeja hitam) bersama Lukita calon Walikota Batam.

MEDIAALIF.COM, Batam – Menyikapi dan mencermati kondisi ekonomi global saat ini, khususnya di Kota Batam, para usahawan/wirausaha muda berfikir cerdas untuk bangkit bersama-sama membangun Batam kemasa depan yang lebih maju.

Wirausaha muda itu, memiliki pola fikir yang mengagumkan, baik dari sisi prinsip atau etos kerja, cinta etika, juga disiplin ilmu dan waktu, tergabung dalam Poros Muda Batam, menentukan sikapnya mendukung Paslon No. 1 Lukita-Basyid menjadi Walikota Batam periode 2021-2025.

Bukan tanpa alasan, wirausahawan terbiasa menghadapi situasi yang penuh dinamika, terutama dalam dunia usaha dan investasi. Apalagi di saat pandemi ini, harus mampu bertahan demi kelangsungan hidup berusaha, dan perkembangan usaha kedepannya.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Poros Muda Batam “Indra Bayu Irawan” saat berdialog dalam seminar kecil, dibarengi argumentasi sehat dan intelektual bersama Dr. Ir. Lukita Dinarsyah Tuwo, M.A, yang disaksikan pengurus/anggotanya, di Warkop Masakini Ruko Dermaga Sukajadi, Sabtu (3/10/2020).

Bayu memberi spirit, kita jangan hanya berpangku tangan melihat kondisi serba sulit ini. Tidak ada yang bisa memastikan kapan covid-19 berakhir, dan kita tetap berdoa serta berusaha agar kondisi terus membaik.

Pria gigih dan energik itu, sambil santai ngopi bareng mengupas materi (evaluasi kondisi Batam) sebelumnya, yaitu tentang : Peluang Usaha, Investasi, Ekonomi Kreatif, UKM Lokal dan mengembalikan kejayaan industri Batam, yang terdampak krisis global.

Kemudian seiring berjalannya waktu, calon Walikota Batam Lukita pun menjawab dan memberi penjelasan atas materi yang disampaikan, bahwa Batam sudah terlalu lama tidak dirawat untuk dilestarikan dan tidak diperhatikan untuk dikembangkan.

Lukita calon Walikota Batam (kemeja putih).

“Langkah awal yang perlu diperhatikan adalah membenahi sistem birokrasi perijinan, perbaikan infrastruktur untuk menarik investor, menggali wisata alam merupakan anugerah Tuhan atau dimensi pariwisata untuk memikat wisatawan,” papar Lukita.

Sosok Pemimpin cerdas dan bersahaja itu menambahkan, banyak hal yang dapat kita lakukan untuk bangkit membangun Batam secara bersama-sama, dan mengembalikan kejayaan Batam yang tepat guna seperti menciptakan peluang usaha berinvestasi, juga bagi pencari kerja.

“Diantara program kerja yang sudah teragenda, kesemuanya itu demi masyarakat Batam untuk kita nikmati bersama, demi anak cucu kita kelak sebagai generasi Bangsa yang besar, dan untuk Kota Batam lebih maju serta Batam Bahagia Mendunia,” jelas mantan Kepala BP Batam itu.

Dialog ringan atau seminar kecil yang berlangsung diselingi dengan waktu break dan canda tawa agar terasa rileks dan asyik alias tidak tegang.

Beberapa menit kemudian, pria berwibawa dan ramah menyapa itu merupakan mantan Pejabat Negara (Bapenas dan Sesmenko) melanjutkan uraian dalam pemaparannya.

Batam sangat strategis, sebelumnya dikenal sebagai segi tiga emas memiliki potensi tiada terkira harus dikembangkan, serta kultur historis bernilai tinggi harus dijaga kelestariannya.

“Untuk menumbuhkan dan menggairahkan ekonomi kerakyatan bagi masyarakat kecil, tidak menutup kemungkinan bahwa Batam memiliki panorama alam bernuansa hijau dan hamparan bernuansa biru patut disyukuri, demi masyarakat luas,” ungkapnya.

Seketika suasana hening setelah mendengar jawaban/penjelasan Lukita, dan tiba-tiba applaus tepuk tangan pun menggema menyambut uraian Lukita untuk membenahi dan membangun Batam kembali kemasa kejayaannya.

“Kalau bukan kita yang merubahnya, siapa lagi..Yuk berubah. Kelak bila saya dipercaya menjadi Walikota Batam, capaian ekonomi Batam tumbuh 7 % merupakan amanah dapat terlaksana,” ujar Lukita menutup paparannya.

Nanun, Bayu sang Ketua, sebelum mengakhiri dialog mengatakan, kami merasa bahagia dan kagum atas niat tulus Pak Lukita kembali hadir untuk memimpin Kota Batam.

“Saat-saat seperti inilah kita membutuhkan Pemimpin yang bertangan dingin, bekerja keras dan mampu menanam benih-benih ekonomi berkualitas, agar tumbuh subur di Kota Batam, demi masyarakat Batam,” pungkasnya.

Bayu mengimbau, kita semua punya peran dalam membangun Kota Batam. Pilihlah pemimpin yang bersedia merangkul masyarakat, dan tidak sembarang mengumbar janji.

“Kami bersikap mendukung Lukita-Basyid menjadi Walikota Batam. Lukita adalah calon pemimpin bersahaja dan memiliki kriteria untuk menjadikan Batam Bahagia Mendunia,” tutupnya diiringi applaus tepuk tangan dari segenap anggota yang hadir. (ricky – ak)