Lukita Apresiasi Usaha Masyarakat Kecil Memproduksi Bahan Pencuci Piring

oleh -60 views
Istimewa

MEDIAALIF.COM, Batam – Dalam rangka road show, Lukita calon Walikota Batam No.Urut 1 diberi surprise oleh warga perumahan Graha Nusa Batam Kelurahan Sei Langkai, berupa hasil karya industri kecil yaitu bahan Pencuci Piring “Rona Clean”, Minggu (18/10/2020).

Penduduk yang bermukim di perumahan tersebut cukup kompak, pintar dan jeli menyikapi kondisi perekonomian yang serba sulit di masa pandemi ini.

Meskipun kondisi perekonomian yang cukup memprihatinkan, ternyata warga setempat mampu menciptakan suatu karya atau terobosan usaha kecil (Home Industri) untuk meringankan beban keluarga, dan nantinya dapat dikembangkan.

Apakah usaha masyarakat kecil itu dan bagaimana bentuknya..? Hasil buah karya itu adalah Bahan Pencuci Piring bernama “RONA Clean”, harganya terjangkau tidak kalah dengan produksi lain.

Menurut keterangan tokoh masyarakat setempat mengatakan, usaha masyarakat kecil ini sudah lama dirintis, di uji coba supaya hasilnya maksimal dan aman bagi kesehatan. Hanya saja proses perijinan yang dialami cukup ribet membuang biaya dan waktu percuma.

“Bahan aktif pencuci piring Rona Clean terdiri dari Nutrium Alkail Sulfanat 11 %, dan Nutrium Lauril Esther Sulfat 10 %. Bahan itu cukup aman di tangan (kesehatan). Prosesnya di BPOM juga sertifikat Halal sangat ribet memakan waktu lama,” ucap Siahaan.

Siahaan menambahkan, kami mengharapkan sentuhan dan bentuk perhatian dari bapak Lukita bila menjadi Walikota Batam tahun 2020 ini, khususnya masalah perijinan usaha yang dikeluhkan mayoritas masyarakat Batam.

Dalam kesempatan itu, tokoh masyarakat lain menyampaikan, kami disini mengikuti perkembangan yang ada, dan tau sosok Pak Lukita bukan orang sembarangan meskipun terlihat seperti orang biasa.

“Kami masyarakat di perumahan ini memberi dukungan dan berdoa, semoga bapak Lukita menjadi pemimpin kita yang layak menjadi Walikota Batam untuk membenahi, membangun Batam dan memperhatikan masyarakat kecil,” kata tokoh masyarakat setempat.

Setelah mendengar keluhan dan aspirasi masyarakat, Lukita menyampaikan, dirinya merasa bahagia dapat bertemu / berkumpul bersama penduduk disini, dan ia merasa diberi surprise sebab ternyata warga perumahan Graha Nusa sangat cerdas, kreatif dan berinovatif.

“Masalah sulitnya perijinan usaha yang dialami masyarakat, seyogianya dapat diperhatikan oleh dinas terkait. Dan bila nanti saya terpilih menjadi Walikota Batam, bagi industri kecil (rumahan) cukup mendaftarkan usahanya, dan proses perijinan selanjutnya adalah tugas dinas terkait sebab mereka (ASN) digaji oleh Pemerintah,” jelasnya.

Lukita menegaskan, sesuai anjuran bapak Presiden RI, permasalahan birokrasi perijinan harus lebih diperhatikan dan dipercepat supaya roda perekonomian dapat tumbuh dan bangkit kembali.

“Saya sangat mengapresiasi usaha industri kecil yang dilakukan oleh masyarakat, dan berjanji akan memperhatikan ekonomi mikro sebagai akar-akar fondasi tumbuhnya perekonomian Batam yang lebih baik,” tuturnya. (r a)