Cawako Batam Lukita, Sudah Teruji Gairahkan Batam Saat Mengalami Keterpurukan

oleh -43 views
Dr. Ir. Lukita Dinarsyah Tuwo, M.A, calon Walikota Batam

MEDIAALIF.COM, Batam – Rekam jejak Lukita calon Walikota Batam sudah teruji, pernah menggairahkan Batam, saat kondisi perekonomian Batam mengalami keterpurukan dan serba sulit.

Kondisi sulit dan terpuruk itu terjadi pada tahun 2017, yakni geliat bisnis maupun usaha lainnya mengalami stagnan, semua kalangan menjerit akibat terjepit oleh aturan yang dinilai cukup memberatkan termasuk para pengusaha.

Sehingga dewi fortuna pun kembali mengirimkan utusannya melalui Ketua Dewan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Batam (PBPB) Darmin Nasution melantik Lukita sebagai Kepala BP Batam, menggantikan Hatanto Reksodiputro.

Darmin Nasution, dalam sambutannya mengatakan, pelantikan ini dilakukan untuk mengembalikan kejayaan kawasan Batam, sebagaimana tujuan awal Batam ditetapkan sebagai FTZ tahun 1973.

Lukita dilantik di Jakarta, Kamis 19 Oktober 2017, tepat pada saat situasi ketidakpastian melanda semua sektor dunia usaha, lebih dari 60 perusahaan kolep alias tutup, ditambah lagi oleh aksi demo yang muncul dan marak mewarnai Kota Batam, akibat perbuatan sebelumnya (aturan) yang kurang bijak terkesan akal-akalan.

Sosok Lukita yang mudah tersenyum namun tegas itu, setelah dilantik secara bertahap mulai melakukan pembenahan demi pembenahan untuk memulihkan kondisi dengan konsep maupun rumus sederhana tapi jitu bersama 4 orang Deputi.

Perlahan namun pasti konsep kerjanya berhasil mengangkat Batam keluar dari himpitan keterpurukan, melalui program populer yaitu : Car Free Night, Even Organized / Olahraga dan bentuk Kepariwisataan yang dinilai sukses menggairahkan kembali perekonomian Batam.

Disisi lain, potensi sektor UMKM pun bangkit kembali, serta imej positif keharuman nama Batam menggema auranya ke mancanegara bahkan dunia. Sehingga menimbulkan minat investor untuk menanamkan modal usaha / berinvestasi, dan Batam memperoleh Rekor MURI atas konsep kerjanya.

Dan pada saat ini, menjelang Pilwako 2020, Lukita kembali hadir di Kota Batam untuk maju dalam kontestasi calon Walikota Batam Nomor Urut 1 periode 2021-2025 berpasangan dengan Abdul Basyid, untuk berubah bersama masyarakat menuju Batam yang lebih baik dan lebih maju kemasa depan.

“Yuk Berubah Menuju Batam Bahagia Mendunia, dengan persentase ekonomi Batam tumbuh 7 %. Batam akan bangkit bila digali, dirawat dan dikembangkan secara tepat, baik dan benar untuk dinikmati bersama-sama. Kalau bukan kita yang merubahnya, siapa lagi,” papar Lukita, (6/10/2020)

Sejak ia menjabat Kepala BP Batam bulan Oktober 2017 hingga awal 2019, sosok Lukita cukup dikenal dan melekat aura kharisma Kepemimpinannya mulai dari kalangan masyarakat ekonomi bawah maupun kalangan atas. (ricky mora – ak)